FAQ Aplikasi Srikandi

KEBIJAKAN PENERAPAN

  • Q: Apakah dasar hukum implementasi Srikandi?

A: Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.

  • Q: Bagaimana prosedur mendapatkan akun Srikandi ?

A: Mengajukan surat permohonan permintaan akun administrator instansi kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia yang ditanda tangani oleh Kepala Instansi atau Kepala Daerah dan menunjuk pegawai ASN sebagai administrator instansi Srikandi serta melampirkan kontak person nya.

  • Q: Apa yang diperlu dipersiapkan untuk implementasi Srikandi ?

A: 1. Perangkat komputer / laptop untuk pengguna; 2. Koneksi internet; 3. Softcopy Instrumen Kearsipan (Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip); 4. Scanner di Bagian Penerimaan Surat (optional).

APLIKASI SRIKANDI VERSI 2.0

  • Q: Apakah fitur-fitur unggulan Srikandi ?

A:
Penciptaan Arsip: (Registrasi Naskah Dinas Masuk dan Keluar, Distribusi Naskah Dinas, Penomoran Naskah Dinas)
Penggunaan Arsip: (Tindak Lanjut Naskah Dinas)
Pemeliharaan Arsip: (Pemberkasan Arsip dan Peminjaman Arsip)
Penyusutan Arsip: (Usul Pindah, Usul Serah dan Usul Musnah)

  • Q: Bagaimana cara untuk mendapatkan pelatihan / bimbingan teknis Srikandi ?

A: 1. Submit tiket ke aplikasi Pusat Bantuan di https://layanan.arsip.go.id/; 2. Melampirkan waktu dan jadwal kegiatan.

  • Q: Bisakah Srikandi diinstal di Instansi ?

A: Aplikasi Srikandi berada di Pusat Data Nasional yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

  • Q: Apa saja rule dan pengguna Srikandi ?

A:
Administrator Nasional: (Arsip Nasional Republik Indonesia)
Administrator Instansi: (Administrator Instansi dan Administrator Satker / OPD / UPT)
Unit Kearsipan: (Unit Kearsipan I Instansi)
Tata Usaha / Sekretaris: (Unit Persuratan Instansi / OPD, Sekretaris / Tata Usaha Pimpinan dan Pengelola Arsip Unit Kerja)
User: (Pejabat Struktural / JFT / JFU / Staff / Non ASN).

  • Q: Bagaimana cara mereset password akun administrator instansi ?

A: 1. Submit tiket ke aplikasi Pusat Bantuan di https://layanan.arsip.go.id/; 2. Melampirkan kontak person administrator instansi Srikandi yang telah ditunjuk sebelumnya.

  • Q: Apakah pengguna aplikasi Srikandi harus ASN ?

A: Kebijakan pengguna yang berhak akses di Srikandi di serahkan kepada Instansi masing-masing.

  • Q: Apakah Srikandi ada versi mobile?

A: Srikandi versi 2 mobile masih dalam tahap pengembangan

TANDA TANGAN ELEKTRONIK

  • Q: Apakah Srikandi bisa diterapkan jika instansi belum mempunyai tanda tangan elektronik ?

A: Bisa, fitur Srikandi memberikan 2(dua) pilihan proses penandatanganan naskah dinas yaitu menerapkan tanda tangan elektronik tersertifikasi dan manual.

  • Q: Bagaimana cara menerapkan tanda tangan elektronik di instansi ?

A: Instansi dapat menghubungi Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) yang merupakan unit pelaksana teknis di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Rincian Artikel

ID Artikel:
3
Penilaian :
Tim helpdesk Aplikasi SRIKANDI